Mencoba Menjadi Naraprogram

Foto oleh Clément H di Unsplash

Naraprogram atau programmer adalah orang yang memiliki keahlian di bidang pengembangan—biasa juga disebut pemrograman atau pembuatan—perangkat lunak komputer.

Kali ini saya akan berbagi kepada Anda semua untuk mencoba hal yang biasanya saya kerjakan sebagai seorang naraprogram.

Artikel ini cocok untuk Anda yang penasaran dengan pekerjaan naraprogram atau mungkin ingin mengetahui apakah secara teknis menjadi naraprogram adalah minat Anda.

Saat ini teknologi komputer adalah teknologi yang paling cepat berkembang. Hal ini menyebabkan naraprogram terbagi berdasarkan teknologi yang dikuasainya.

Teknologi yang dimaksud di sini biasanya mencakup bahasa pemrograman, framework (kerangka) program, library (pustaka) program, dan metode tertentu yang biasa digunakan.

Dari sinilah kemudian seorang naraprogram menyebut dirinya lebih khusus: web programmer, mobile app programmer, JavaScript programmer, atau programmer yang lain lagi.

Saya sendiri menyebut diri saya sebagai web programmer, atau web developer, karena kata ‘developer’ (pengembang) kini lebih sering digunakan daripada kata ‘programmer’.

Berikut ini daftar amunisi saya menjadi seorang naraprogram web. Sudah saya urutkan bila nanti Anda ingin mempelajarinya.

  • HTML (bahasa penyusun struktur tampilan web)
  • CSS (bahasa pengatur gaya tampilan web)
  • JavaScript (bahasa untuk membuat tampilan web interaktif)
  • jQuery (pustaka JavaScript untuk memudahkan penulisan JavaScript)
  • Bootstrap (kerangka paket HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat tampilan web)
  • Vue.JS (kerangka JavaScript untuk membuat tampilan web interaktif)
  • PHP (bahasa pemrograman yang dijalankan di server web)
  • Laravel (kerangka PHP untuk membuat web)

Namun saya tidak akan membahas semua itu karena saya yakin akan sangat membosankan bagi Anda.

Saya akan mengajak Anda untuk bermain-main saja dengan beberapa kode program dalam bahasa JavaScript dengan sedikit HTML.

Anda hanya membutuhkan aplikasi Notepad dan browser untuk mencobanya.

Membuat Fungsi untuk Menuliskan Nama

Masih ingat mengenai fungsi di matematika? Konsepnya sama. Ada suatu nilai yang dimasukkan untuk diproses oleh fungsi kemudian dikeluarkan menjadi nilai tertentu.

Namun di JavaScript, fungsi tidak selalu berupa operasi perhitungan saja seperti di matematika. Lebih dari itu bisa untuk melakukan apa saja yang kita inginkan.

<div id="kotak-nama"></div>
<script>
    function tulisNama(nama)
    {
        let kotakNama = document.getElementById("kotak-nama")
        let teks = "Halo nama saya " + nama + "<br>"
        kotakNama.innerHTML = kotakNama.innerHTML + teks
    }
</script>

Jangan ambil pusing dengan kode di atas. Anggap saja div di baris 1 maksudnya adalah divisi atau bagian.

Di sana terdapat id="kotak-nama" maksudnya adalah divisi tersebut kita beri label unik berupa id layaknya Anda sekalian memiliki nomor KTP yang tidak akan sama dengan milik orang lain. Untuk mempermudah, kita sebut divisi ini divisi kotak nama.

Di baris 2 sampai terakhir adalah di mana kita menuliskan perintah-perintah yang akan dijalankan oleh browser.

Di baris 3 artinya kita membuat fungsi bernama tulisNama dengan sebuah masukan berupa nama. Mirip dengan fungsi di matematika f(x), f adalah fungsi, x adalah masukannya.

Perintah-perintah yang akan dikerjakan oleh fungsi tersebut ditulis di antara { dan } yakni di baris 5 sampai 7.

Di baris 5 kita membuat variabel kotakNama untuk menampung elemen divisi di baris 1 tadi. Dengan variabel ini, kita bisa memodifikasi divisi kotak nama sesuai keinginan kita.

Di baris 6 kita membuat variabel teks untuk menampung kalimat yang akan kita tulis nantinya.

Di baris 7 kita melakukan operasi penambahan teks di divisi kotak nama. Maksud kotakNama.innerHTML adalah kita menunjuk bagian yang ada di antara <div id="kotak-nama"> dan </div>. Bagian ini nantinya yang akan ditampilkan ke layar di browser.

Operasi di baris 7 ini mirip dengan operasi a = a + b. Namun karena ini adalah operasi penambahan teks, maka bila a = "Aku cinta" dan b = " Indonesia" dioperasikan a + b = "Aku cinta Indonesia". Perhatikan eksistensi karakter spasi sebelum kata Indonesia di variabel b.

Menjalankan Fungsi

Salin dan tempel kode di atas ke Notepad, simpan dengan nama tulis-nama.html. Pastikan berkas tersebut benar-benar tersimpan dengan ekstensi atau format .html dan bukannya .txt.

Kalau sudah, buka folder di mana berkas tersebut Anda simpan. Berkas ini biasanya akan tampil dengan ikon Google Chrome atau Mozilla Firefox, tergantung browser Anda.

Klik ganda pada berkas tersebut, lalu akan muncul jendela browser kosong seperti di bawah ini. Saya menggunakan Google Chrome.

Di Google Chrome, tekan CTRL + Shift + J atau di Mozilla Firefox CTRL + Shift + K. Setelah itu akan muncul jendela konsol browser. Tampilan konsol mungkin sedikit berbeda, namun pada prinsipnya sama saja sehingga tidak perlu bingung.

Di konsol itulah kita akan menjalankan kode yang sudah kita buat tadi. Ketikkan tulisNama di konsol, biasanya akan muncul suggestion fungsi-fungsi yang ada seperti berikut.

Silakan ketikkan tulisNama("Nama Anda") kemudian tekan Enter. Nama Anda akan muncul di browser disertai dengan kalimat yang sudah kita tentukan tadi.

Anda tentu bisa menjalankan fungsi itu berkali-kali sesuka Anda.

Sampai di sini, selamat, Anda berhasil membuat program pertama Anda sendiri! He he he.

Kira-kira seperti itulah pekerjaan sehari-hari seorang naraprogram. Berkutat dengan kode-kode program untuk mempermudah kehidupan orang lain.

Tentu di dalam realita tidak sesederhana program “pengantar” yang baru saja kita bahas. Tentu berkali-kali lipat lebih kompleks.

Namun pada intinya sama saja. Berkutat pada proses dan alur berpikir yang jelas—disebut algoritma—sehingga suatu kasus dapat ditulis menjadi program untuk menyelesaikan masalah.

Kalau Anda merasa antusias terhadap pembahasan barusan sehingga tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi topik pemrograman di Khan Academy, sebuah situs interaktif untuk belajar secara daring (online), dan tentu saja gratis!

Salam kode! 😀

Ditulis oleh
Salim Romadhon
Gabung diskusi

Puruhita

Menu